PETILASAN DAMAR WULAN

22 Oktober 2021 20:13:25 WIB

tileng-girisubo.desa.id --- Tepatnya di Padukuhan Papringan, Kalurahan Tileng, Kapanewon Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Terdapat suatu 'gubuk kecil' yang sangat kas dengan atapnya yg terbuat dari ilalang, dan juga mini bentuk dan modelnya, yang dinamakan tempat persinggahan dijamannya waktu dahulu kala. yang disebut "PETILASAN DAMAR WULAN".

Petilasan Damar Wulan' tersebut berada disebuah ladang/alas di bulak balong. Yang mana menjadikan sebuah Adat Tradisi Run Temurun dari nenek moyang yang juga disakral'kan oleh penduduk setempat (warga ngrombo,papringan yang mempunyai ladang disekitaran Petilasan itu) dan menjadi sebuah ciri kas / kearifan lokal, dimana disetiap musim tanam tiba (1tahun sekali) diadakan ritual pembenahan krapcak (atap rumah gubuk tersebut) dan juga tradisi genduri dilokasi / tepat pas dialas itu, secara gugur gunung, gotong royong.

Warga mengadakan ritual Genduri/Genduren (dalam istilah jawa) dan yang masih di uri-uri tersebut dengan mengeluarkan ingkung,nasi&sayur yang kemudian di ikrarkan oleh salah satu sesepuh, dengan tujuan mengeluarkan sedekah, lalu untuk memohon kepada Tuhan YME, agar masa tanam ditahun ini diberi kesuburan, aman dari segala hama dan diberikan hasil panen yg melimpah.

Setelah kegiatan ritual terlaksana semua, baik pembenahan krapcak / genduri selesai kemudian diadakan kembul bujono (makan bersama). Suatu wujud syukur atas nikmat rizky yang diberikan kepada kita semua, dengan harapan dan doa bersama untuk ditahun kedepannya bisa lebih baik dan berkah barokah.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar