Menghadapi Musim Tanam Tiba

10 Oktober 2021 14:08:31 WIB

tileng-girisubo.desa.id---Mayoritas bermata pencaharian Petani, Warga masyarakat Kalurahan Tileng, berbondong-bondong dalam menghadapi musim tanam. Salah satunya dengan cara melakukan penanam benih pada diladang dengan cara di korek / parit / garuk. Mereka (Para petani) di Tileng melakukan penanam benih karena disengaja untuk menghadang musim penghujan tiba.

Secara geografis Kalurahan Tileng, terletak diujung selatan Kabupaten Gunungkidul, yang sebenarnya dekat dan berbatasan dengan Laut. Namun untuk tata cara bertani, hanyalah dilakukan disetiap satu Tahun sekali. Karena memang ladang/lahan kering / disebut Tadah hujan, maka hanya dilakukan saat musim penghujan saja (rendeng).

Adapun yang mereka mulai tanam diawal adalah benih padi, yang nantinya dilanjutkan benih jagung , kacang tanah, dan bibit ketela pohon, setelah hujan datang, Yang disebutlah bertani dengan cara TUMOANG SARI. Namun dengan demikian, semangat dan kerja keras warga Petani di Tileng, sangat solit dan luar biasa. Karena memang hasil tani mereka digunakan untuk kebutuhan & kelangsungan hidup sekeluarga.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar