KEGIATAN RAMADHAN

Administrator 05 Juli 2017 12:47:46 WIB

Tileng. Minggu kedua di Desa Tileng, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta, Para Mahasiswa KKN – PPM UGM Unit Desa Tileng mulai mengisi hari-harinya dengan kegiatan yang berfokus pada tema Ramadhan. Ramadhan Ceria merupakan nama program yang diusung oleh para Mahasiswa KKN. Program ini bertujuan untuk memeriahkan suasana ramadhan di kalangan anak-anak murid TPA dan menghidupkan kembali suasana masjid agar kembali ramai.

Program ini terdiri dari dua kegiatan inti, yang pertama adalah kegiatan rutin setiap sore hari, mulai dari jam 4 sore sampai dengan 17.30 (buka puasa) dimana para mahasiswa KKN turut serta dalam mengajar anak-anak di Desa Tileng untuk belajar mengaji. Para mahasiswa KKN dibagi menjadi tim-tim kecil terdiri dari dua sampai tiga orang, yang tersebar di seluruh masjid di penjuru Desa Tileng. Kegiatan kedua yang dilakukan para mahasiswa KKN ialah mengadakan lomba di penghujung Ramadhan. Lomba-lomba ini diadakan di setiap masjid yang selama ini digunakan para mahasiswa untuk mengajar TPA, peserta dari lomba nya adalah para anak-anak yang belajar TPA di masjid-masjid tersebut. Adakah diantara lomba-lomba yang diselenggarakan para mahasiswa adalah, lomba mewarnai serta lomoba untuk mengurutkan huruf Hijaiyah untuk anak-anak yang masih duduk di bangku PAUD, TK dan SD kelas 1. Lomba menghafal do’a-do’a pendek untuk anak SD kelas 2 – 4, dan untuk anak SD kelas 5 – 6 lomba nya dapat berupa pildacil dan cerdas cermat tentang Islam dan Al-Qur’an. Dari lomba tersebut, akan dipilih beberapa pemenang dari setiap jenis lomba untuk mendapat hadiah berupa peralatan sekolah (alat tulis dan tempat makan).

Selesai melaksanakan lomba, mahasiswa KKN PPM UGM Desa Tileng turut memeriahkan suasana Lebaran di Desa Tileng. Para mahasiswa dan mahasiswi KKN ikut melaksanakan salat Iedul Fitri di masjid-masjid dekat pondokan masing-masing. Usai melaksanakan salat, para mahasiswa dan  mahasiswi pun turut mengikuti tradisi lebaran ala Desa Tileng dimana mereka ikut melakukan silaturahmi ke rumah tetangga di dusun/dukuh masing-masing.

Komentar atas KEGIATAN RAMADHAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar