Mahasiswa KKN PPM UGM 2016 Melakukan Pelatihan Website Kepada Perangkat Desa Tileng

Administrator 03 Agustus 2016 20:12:45 WIB

Website atau bisa disingkat web adalah kumpulan beberapa halaman web yang berisi kumpulan informasi yang disajikan oleh seseorang atau kelompok untuk umum maupun anggota kelompok tertentu.  Apapun bahasanya, yang pasti kita semua setuju bahwa website merupakan kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). 

 

Program ini dilakukan untuk mendukung program yang telah dilakukan sebelumnya, yaitu pembuatan website. Dengan dilaksanakannya program ini, diharapkan salah satu tujuan dari pembuatan website, yaitu mempublikasikan potensi yang dimiliki desa tileng dapat tercapai. Program ini menjadi sangat penting untuk dilakukan mengingat website yang sebelumnya dimiliki oleh desa tileng tidak terurus dengan baik. Hal ini terlihat dari update terakhir dari website tersebut, yaitu tahun 2007. Sementara itu, desa telah menyediakan fasilitas berupa wifi yang selama ini hanya dimanfaatkan oleh pemuda desa. Masalah ini kemungkinan disebabkan oleh sumber daya manusia yang mengerti mengenai teknologi informasi masih kurang. Untuk itu, kepala desa memilih beberapa perangkat desanya yang dinilai mampu untuk menjadi perwakilan dari pelatihan ini. Materi yang dilatih berupa tata cara untuk mengelola tampilan website desa tileng, penginputan data administrasi dan data potensi wilayah desa tileng, serta penulisan dan pengelolaan konten website desa. Pelatihan dilakukan pada dua website, yaitu website pemerintah dan website yang bersifat komersil. Website pemerintah dengan domain tileng-girisubo.desa.id berperan sebagai media pelayanan warga secara online yang berhubungan langsung dengan pemerintah, sementara website dengan domain desatileng.web.id berperan sebagai media publikasi desa, baik berita maupun produk desa.

Pelatihan dihadiri oleh 4 orang yang terdiri dari kepala desa dan perangkat desa pada tanggal 29-30 Juli 2016. Pelatihan dimulai dengan demonstrasi yang dilakukan oleh Tim KKN PPM UGM. Tim KKN PPM UGM memperagakan satu persatu cara untuk mengelola website, baik untuk mempublikasikan berita maupun mendesain website. Selain itu, tim KKN PPM UGM telah membuat print out tutorial dasar-dasar pengelolaan website secara lengkap. Tutorial ini berisi tampilan dari halaman admin serta fungsi dari menu-menunya, tata cara membuat berita, serta tata cara mendesain website, seperti membuat slider maupun layouting webpage.

Secara umum, acara ini tidak memiliki kendala yang berarti. Jika tim KKN PPM UGM tahun berikutnya ingin melanjutkan program ini, diharapkan melatih perangkat desa yang ditunjuk oleh kepala desa cara-cara lanjut dalam mengelola website sehingga kedepannya, website desa tileng dapat lebih atraktif. (Dyna/UGM)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar